Selasa, 11 Januari 2011

Zurich - Pemain Terbaik Dunia jatuh ke tangan Lionel Messi. Sementara Pelatih Terbaik Dunia jatuh ke tangan Jose Mourinho. Spanyol yang dominan di penghargaan FIFA Ballon d'Or malah tak dapat apa-apa.

Pada acara penghargaan yang dilangsungkan di Zurich, Selasa (11/1/2010) dinihari WIB, Messi sukses mengungguli dua rekan setimnya yang juga merupakan punggawa timnas Spanyol, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Ini membuat Messi meraih gelar Pemain Terbaik Dunia untuk dua tahun berurutan.

Sedangkan Mourinho mengungguli dua pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola (Barcelona) dan Vicente Del Bosque (timnas Spanyol). The Special One pun menjadi orang Portugal keempat yang menerima penghargaan sebagai insan sepakbola terbaik dunia--tiga yang sebelumnya adalah pemain.

Kemenangan Messi dan mourinho pun menghancurkan pesta Spanyol. Padahal, seperti diketahui, andai salah satu insan sepakbola Spanyol menang dalam kategori pemain atau pelatih, maka itu akan melengkapi kejayaan 'Negeri Matador' yang dalam beberapa tahun terakhir tengah menanjak.

Indikasi menanjak itu bisa dilihat dari kesuksesan La Furia Roja memenangi Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. Dari sisi klub sendiri, banyak yang mengakui permainan indah Barcelona--di mana ini juga terlihat dari duduknya tiga pemain mereka dalam nominasi pemain terbaik.

Satu-satunya hiburan untuk Spanyol dalam malam penghargaan tersebut adalah dominannya mereka dalam Tim Terbaik FIFA.

Berkat kesuksesan Spanyol menjadi juara dunia pada pertengahan tahun lalu, enam pemainnya berhasil masuk dalam daftar skuad terbaik dunia tahun ini.

Mereka adalah Iker Casillas (Real Madrid), Gerrard Pique , Carles Puyol, Xavi, Iniesta dan David Villa (Barcelona).

Hiburan lainnya, Messi juga mempersembahkan kemenangannya untuk rekan-rekan dan klubnya, kendati ia juga berterimakasih kepada seluruh orang Argentina.

"Saya ingin berbagi penghargaan ini bersama rekan-rekan setim saya. Tanpa mereka, saya tak akan ada di sini, dan... juga seluruh orang Argentina," ujarnya.

sumber : beritabola.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar