Jumat, 21 Januari 2011

Tim Besar Dulunya (juga) Tim Kecil

"Sebuah tim sepakbola tidak akan menjadi sebuah tim raksasa hanya dalam 1 malam !"

Mungkin itu adalah suatu ungkapan atau tamparan bagi mereka yang berharap bisa menjadi hebat dan besar dalam waktu instan.

Untuk menjadi sebuah tim yang hebat dan besar, tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan waktu dan konsistensi, serta loyalitas dari seluruh pemain dan official untuk mewujudkannya. Karena pemain yang hebat tidak akan jadi apa-apa jika tidak didukung oleh official yang bagus, contohnya adalah Perancis. Begitu pula sebaliknya, sekalipun official dihuni dengan manager-manager hebat bahkan manager sekaliber The Special One (Mourinho.-red) sekalipun tidak akan jadi apa-apa jika tidak didukung oleh pemain yang setia.

Setia? Apa hubungan setia dengan sebuah tim?
Tentu saja sangat erat sekali kaitannya. Sebagai contoh, butuh waktu 6 tahun bagi Sir. Alex Ferguson untuk membesarkan dan menghebatkan Setan Merah (Manchester United.-red), untuk menggeser kedigdayaan Si Merah pada waktu itu (awal 90-an.-red), hingga saat ini sudah 11 gelar EPL yang dipersembahkannya buat Setan Merah.

Kemudian contoh lain dari sebuah kesetiaan adalah legenda salah satu klub di kota mode, Italia. Ya, kota itu adalah Milan. Di Milan lahir seorang legenda yg semasa karirnya ia sematkan pengabdiannya hanya untuk Milan, siapa lagi kalau bukan Paolo "3" Maldini. Si kidal ini begitu setia menjadi bagian dari tim Milan hingga Milan sebesar saat ini. Ia tetap bersikukuh untuk setia bermain di Milan walaupun berkali-kali dipindahkan dari posisinya. Mulai dari bek kanan, pindah ke sayap kiri, turun ke bek kiri, hingga akhirnya paten di posisi center back seiring dengan pensiunnya legenda Milan yang lain, Franco "6" Baresi.
Bukankah itu suatu kesetiaan yg tiada bandingannya?

Lantas apa hubungannya dengan tim yang namanya menjadi nama blog ini?
SEFARUAD!!! Begitu gagahnya kedengaran nama itu, dan mungkin ada sekelumit orang yang ketika mendengarkan namanya saja sudah bergetar hatinya atau merinding bulu kuduknya. SEFARUAD merupakan salah 1 tim sepakbola yang diperhitungkan kekuatannya di kancah per-sepakbolaan Yogyakarta (level mahasiswa.-red) dan sangat disegani di kawasan lingkup Kampus Orange, Universitas Ahmad Dahlan. Semua itu tidak terjadi dengan begitu saja! Semua itu terjadi karena prestasi-prestasi membanggakan (walaupun kurang apresiasi dari fakultas.-red) yang pernah diraihnya.

Namun, apa yang terjadi dengan SEFARUAD kini?
Semua seolah terdiam ketika ditanya "Kemana SEFARUAD yang dulu?", semua seolah merasa masa-masa kejayaan SEFARUAD sudah lewat seiring dengan bergantinya komposisi tim dan official-nya, semua merasa bahwa yang hebat itu "DIA" bukan "SAYA". Jika masih ada yang beranggapan demikian, pantaslah kini SEFARUAD bukan apa-apa lagi.

Sadarlah wahai generasi pemenang!
1 hal yang sangat menonjol perbedaan antara SEFARUAD yang dulu dengan SEFARUAD saat ini adalah bahwa dulu SEMUA PEMAIN DAN OFFICIAL SANGAT SETIA KEPADA TIM. Dulu para pemain tidak pernah ragu apalagi berpikir dua kali untuk izin meninggalkan kuliah, praktikum, bahkan responsi hanya untuk membela tim, walaupun ia bukan pemain inti. Dulu para pemain sangat "SETIA MENGIKUTI LATIHAN" baik fisik maupun teknik, walaupun materi latihan seadanya bahkan terkesan sangat sederhana. Dulu pemain 1 tidak bergantung dengan pemain lain, walaupun yang datang latihan hanya 7 orang, latihan tetap dilaksanakan. Hampir seluruh pemain memiliki mental "Dengan atau Tanpa kamu, tim ini tetap akan berjalan, tim ini akan tetap menjadi besar!" Itulah yang disebut MENTAL POSITIF, dan penting bagi setiap pemain untuk memiliki mental seperti itu.

Bandingkan dengan sekarang!
Mungkin jawaban tersebut hanya akan menjadi jawaban yang sia-sia jika tidak ada perubahan atau kesadaran dari setiap individu pemain maupun official, selamanya jawaban tersebut hanya akan menjadi sebuah teori jika tidak dipraktekkan di lapangan.

Lapangan Hijau adalah 'lembar jawaban' yang sangat pas untuk menjawab pertanyaan ini...
Buktikan bahwa SEFARUAD BISA!!!
Buktikan bahwa SEFARUAD (tetap) yang terbaik.
Karena Fair Play adalah permainanku, Sportifitas adalah jiwaku, dan Prestasi adalah tujuanku!
Tetap Semangat dan Maju Terus SEFARUAD ku...

"Keep Spirit n Move Forward"
^_^ & ^_^

1 komentar: