Minggu, 09 Januari 2011

Seleksi Timnas Indonesia U-23

Seleksi Tim nasional (timnas) sepak bola U-23 Indonesia mulai dilakukan di lapangan C, Senayan, Jakarta, pada hari Jum'at (7/1). Pada seleksi hari pertama, hanya 19 pemain yang hadir dari total 27 pemain yang dipanggil. Dan. Empat diantaranya adalah pemain yang berasal dari klub non-Liga Indonesia.

Mereka adalah Andrea Bitar (Cannes/Prancis), James Zaidan Saragih (New York Cosmos/Amerika), Athur Itawan (Preston North End/Inggris), dan Syamsir Alam (Penarol/Uruguay).  Nah, dua nama terdepan adalah pemain keturunan yang belum memiliki paspor Indonesia dan sengaja diundang untuk mengikuti seleksi. Sedangkan Athur dan Syamsir adalah anak Indonesia yang sedang mencoba peruntungan di luar negeri.


Selain Andrea dan James, masih ada empat pemain lagi. Tiga asal Belanda, Stefano Lilipaly (FC Utrecht/Belanda), Mark Van De marReel (FC Utrecht/Belanda), dan Oliver Rifai (AZ Alkmar/ Belanda). Satu lainnya berasal dari liga Qatar dan telah memiliki paspor Indonesia,  Farri Agri (Al Khor SC). Tapi, mereka belum bisa datang pada seleksi tahap pertama ini.


Kedatangan pemain tersebut menurut wakil ketua BTN (Badan Tim Nasional) Iman tidak serta merta akan langsung direkrut. Tapi, harus melalui proses seleksi dan penilaian dari pelatih timnas Alfred Riedl.


"Jika bagus skillnya dan dianggap memiliki potensi ya ditindak lanjuti prosesnya. Jika tidak ya kita kembalikan ke klub masing-masing. Kan statusnya hanya undangan saja," terang Iman. Sementara itu, pelatih timnas Alfred Riedl memastikan bahwa seleksi yang dilakukannya murni hanya berdasarkan kepada kemampuan pemain.


Karena itu, "Kami hanya akan melihat secara objektif. Kami jamin tidak ada intervensi karena semua bergantung kepada saya dan siapa yang saya butuhkan. Saya hanya akan memilih yang terbaik dari mereka," paparnya.


Menurut pelatih asal Austria tersebut, seleksi yang dia lakukan ingin melihat kemampuan dasra pemain terlebih dahulu terutama dari sisi teknik. Karena itu, menu latihan difokuskan pada teknik umpan, tendangan, dan  kejelian pemain saat bertahan maupun menyerang.


Untuk itu, dia membaginya menjadi dua sesi. Pertama, latihan berupa teknik passing berpasangan dengan berbagai model. Kedua, dia menguji kemampuan mereka dengan memainkan game kecil dimana setiap tim diisi sembilan pemain. "Saya berusaha memantau mereka bagaimana saat melakukan serangan atau saat bertahan Saya sudah mencatatnya. Tapi, masalah penilaian belum bisa saya omongkan," terang Riedl.


Dia harus bekerja keras untuk memilih pemain karena tidak lama lagi Indonesia akan tampil pada ajang pra-Olimpiade 2012. Ya, tim Garuda akan mengawali perjalanannya dengan meladeni Turkmenistan. Laga pertama akan digelar di Indonesia pada 23 Februari, kemudian partai kedua akan dihelat pada 9 Maret 2011 di kandang lawan.








Hari ini proses seleksi pemain Timnas U-23 atau pemain berusia di bawah 23 tahun masih berlangsung. Dari pantauan SCTV Ahad (9/1), proses seleksi berlangsung di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta sejak pukul 08.00 WIB.

Ada dua nama yang terus terlihat selama beberapa hari seleksi ini di antaranya adalah Arthur Irawan dan James Zaidan Saragih. Dari situ, pelatih Alfred Riedl terus memantau pemain yang memiliki kriteria baik di antaranya mampu berlari cepat, kerja sama tim yang bagus, dan kepribadian yang tidak memiliki masalah di luar. Nantinya para pemain yang terpilih sebanyak 25 orang akan menjadi Timnas U-23 pada 17 Januari mendatang.


Sementara itu, hingga kini, masih belum ada keterangan resmi mengenai pemain di Liga Premier Indonesia (LPI) bisa masuk ke Timnas U-23 atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar